Nugrozasik's Blog

Juli 4, 2009

TERAPI KEROKAN

Filed under: Terapi Alternatif — Tag:, , , , , , — nugroz @ 1:44 pm

Meski dunia medis sudah canggih, namun kebiasaan kerokan ternyata masih bisa dinikmati dari berbagai goongan dan strata sosial. Bilur-bilur itupun dapat menyembuhkan masuk angin, pegal linu, asma hingga jantung.
Budaya kerokan ternyata sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu. Bahkan raja-raja dan petinggi kerajaan Nusantara banyak yang melakukan terapi ini untuk kesehatan. Dan diteruskan kepada penerus-penerusnya. Sampai kinipun sudah tidak mengenal strata sosial atau ekonomi. Terapi ini digemari, karena rasanya yang manjur dan murah tentunya untuk sebuah penyembuhan penyakit.
Prof. DR. dr Didik Gunawan Tamtomo, PAK. MM, MKes. Penah melakukan penelitian tentang terapi ini untuk meraih gelar S-3 di Universitas Air Langga Surabaya. Beliau mengungkapkan:”Kerokan merupakan salah satu budaya yang harus dilestarikan. Karena dengan kerokan terbukti mrnjadi pengobatan alternatif yang tak lekang dimakan zaman. Terlebih saat ini pelayanan kesehatan dan harga obat di Indonesia masih mahal. Dan mendorong masyarakat untuk mencari pengobatan alternatif. Bagi masyarakat jawa, ini adalah obat yang pertama sebelum mencari penggobatan yang selanjutnya. Mereka beranggapan kalau belum kerokan, rasanya belum Puas.”paparnya kepada LIBERTY.

Di Luar Negeri
Ternyata diluar negeripun mengenal kerokan. Namun berbeda dalam bentuk dan tekniknya. Vietnam mengenal cao gio, dan Kamboja teknik penyembuhanya disebut goh kyol. Tiongkok mengenal gua sha. Karena menggunakan batu giok, maka terkenal dengan Jade Stone Therapy. Terapi ini diyakini menyembuhkan osteoporosis, nyeri pundak, dan nyeri punggung. Biasanya kerokan digunakan untuk menyembuhkan masuk angin yang salah satu gejalanya adalah nyeri otot atau mialgia.

Reaksi Kerokan

  • Saat terjadi kerokan, terjadi suatu reaksi inflamasi dengan segala respon yang mengikutinya.   Pada perlakuan kerokan, terjadi penekanan dan peregangan secara berulang pada kulit. Peregangan kulit itulah yang membuat bilur merah.Dengan ini    otot-otot yang tegang terasa kendur. Dan adanya sensasi relaksasi pada kulit.
  • Kerokan juga tidak menyebabkan pengursakan kulit.Ini dibuktikan dengan mikroskop. Dan tak ada pengrusakan kulit.
  • Secara ilmiah, terjadi kenaikan betaendrofin (kandungan morfin dalam tubuh) dan berdampak akan menjadikan tubuh yang segar.
  • Prostaglandin (penyebab rasa pegal) akan turun.Ada dugaan dapat mengobati orang yang terkena serangan jantung yang belum parah. Logikanya: Orang yang terkena serangan jantung, akan di suntik morfin. Dengan kerokan, yang bisa menaikan kadar betaendrofin, kemungkinan bisa di obati. Namun ini masih di perdebatkan dalam dunia medis.

Teknik Kerokan

  • Alat yang digunakan bisa dilakukan dengan uang logam, tanduk, atau batu giok. Dibeberapa tempat bahkan ada yang pakai botol.
  • Menggunakan minyak kelapa, lotion, balsem, atau minyak urut. Sebagai alas sebelum di keroki. Tapi sebaiknya menggunakan minyak kelapa.
  • Sebaiknya dilakukan dipunggung dengan arah perlakuan miring. Karena di punggung terdapat banyak titik akupuntur, arah perlakuan miring ini sebernarnya mengikuti dermaton, yaitu arah syaraf yang menuju kulit. Tempatnya diantara kanan-kiri tulang punggung hingga tulang ekor. Barulah kerikan miring kekanan dan kekiri hingga tulang ekor. Oh betapa hebatnya orang jawa dahulu.
  • Perut tidak apa-apa untuk di keroki. Asal tidak terlalu keras dan tidak lebih dari 15 kali tarikan.
  • Leher hanya bagian belakang saja. Untuk bagian depan sangat bahaya, bisa berakibat fatal. Karena terdapat banyak nadi dan syaraf yang bisa menyumbat aliran darah ke atas yang bisa mematikan.

Dengan pembuktian ilmiah, kemungkinan besar dunia kedokteran barat akan mengakui, bahwa warisan nenek moyang kita bisa untuk menyembuhkan gejala masuk angin, pegal bahkan jantung. Nug

About these ads

1 Komentar »

  1. sip…..

    Komentar oleh Slamet Riyadi — September 10, 2011 @ 12:37 am


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Silver is the New Black Theme Blog pada WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: